iPhone Generasi Keenam Apple, iPhone 5


iPhone Generasi Keenam Apple, iPhone 5 - Akhir tahun 2011, ketika kondisi kesehatan Steve Jobs tak kunjung membaik, Apple meluncurkan iPhone baru yang diberi nama iPhone 4S. Pemberian nama ini melenceng dari dugaan banyak pengamat teknologi dunia yang mengira produk terbaru Apple itu akan diberi nama iPhone 5 (kelanjutan iPhone 4). Ketika Steve Jobs meninggal sehari setelah peluncuran iPhone 4S, banyak yang menduga-duga kode 4S adalah singkatan "For Steve" alias persembahan terakhir untuk Steve Jobs. Ternyata, iPhone 5 baru dirilis setahun kemudian, tepatnya pada tanggal 12 September 2012. Jika umumnya Apple hanya melakukan perubahan minor di produk terbaru iPhone, kali ini perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS, itu menyodorkan perubahan yang cukup mencolok dan segar. 

Yang paling terlihat adalah layar iPhone yang membesar menjadi 4 inci (sebelumnya semua generasi iPhone memiliki layar 3,5 inci). Dengan ini, Apple mengubah rasio layar iPhone dari 4:3 jadi 16:9 seperti halnya di gadget-gadget terbaru. Selain layar, iPhone 5 juga punya konektor baru yang diberi nama Lightning. Konektor untuk data dan kabel charger ini berukuran lebih kecil ketimbang konektor sebelumnya yang berukuran 30 pin. 

Dari segi jaringan, iPhone 5 akan lebih cepat karena sudah mendukung koneksi LTE atau 4G (meski tidak semua negara sudah punya jaringan seluler yang mendukung 4G). Dari sisi jeroan, prosesor iPhone 5 jauh lebih cepat ketimbang generasi-generasi yang sebelumnya. Satu hal yang tidak berubah adalah kemampuan kamera belakang yang masih beresolusi 8 MP, sama dengan iPhone 4S. Hanya saja, kemampuan kamera depan meningkat jadi 1,3 MP.

Seperti halnya produk-produk Apple sebelumnya, iPhone 5 juga disambut antusias oleh para penggemar gadget, khususnya untuk pengguna fanatik gadget Apple yang lebih dikenal sebagai fanboys. Di banyak toko, orang-orang rela antre beberapa hari sebelum iPhone 5 resmi dijual, bahkan banyak di antara mereka yang rela berkemah di depan toko. Bila dulu Apple sanggup menjual iPhone 4S sebanyak 4 juta unit dalam tiga hari pertama penjualan, maka untuk iPhone 5, Apple memecahkan rekor itu dengan menjual 5 juta unit dalam tiga hari pertama penjualan. 

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.