Cara Membuat Mayonaise Sendiri

Cara Membuat Mayonaise Sendiri

Cara Buat Mayonaise Ketika menikmati sandwich ataupun kentang goreng memang akan lebih nikmat jika disajikan bersama saus sambal dan mayonaise. Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan saus mayonaise yang merupakan salah satu saus dalam masakan Perancis yang populer juga untuk lidah masyarakat Indonesia. Mayonaise juga terbuat dari bahan dasar, seperti minyak nabati, telur ayam dan cuka, bahkan ada juga pembuatan mayonaise yang hanya menggunakan bahan-bahan, seperti kuning telur saja dengan menambah sari buah lemon atau mustard sebagai perasa. Pada umumnya mayonaise digunakan sebagai saus untuk makanan ayam goreng, kentang goreng, sandwich dan hidangan lainnya.

Mungkin biasanya anda mengkonsumsi mayonaise dengan membelinya di swalayan dalam bentuk kemasan. Namun tidak jarang teksturnya sudah tidak bagus karena terlalu lama disimpan dalam rak pajangan di swalayan ataupun tertumpuk dengan barang lainnya, sehingga ketika dikonsumsi pun rasanya terkadang berbeda karena tekstur yang sudah mencair atau tidak blended. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya anda membuat mayonaise sendiri dirumah. Sebab untuk membuat mayonaise terbilang cukup mudah dan lebih terjamin higienis.

Cara Buat Mayonaise

Pada umumnya ada berbagai macam Cara Buat Mayonaise dengan menggunakan alat pengocok yang berbeda, seperti handmixer, food processor, blender atau dikocok secara manual dengan menggunakan pengocok telur. Namun biasanya mayonaise buatan sendiri hanya dapat tahan beberapa hari di dalam lemari es dan sebaiknya menggunakan telur yang masih segar dan telah dicuci bersih. Jika anda ingin membuat mayonaise sendiri dirumah dan dibuat sesuai kebutuhan, namun bingung dengan bahan apa saja yang diperlukan, anda tidak perlu khawatir sebab telah banyak informasi pembuatan mayonaise sendiri yang bisa ditemukan di buku resep atau majalah, bahkan situs internet. Seperti pada kesempatan kali ini, Eswete.com akan memberikan informasi Cara Membuat Mayonaise Sendiri dengan resep dan langkah yang sederhana, seperti berikut:

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur (bagian kuningnya saja)
  • Garam secukupnya
  • 290 ml minyak zaitun/minyak jagung, bisa juga diganti dengan minyak kelapa/kelapa sawit
  • 1 sdm air jeruk lemon/nipis
  • 1 sdt saus mustard

Cara Buat Mayonaise:

  1. Kocok kuning telur, mustard, garam dengan mixer kecepatan rendah hingga lembut dan tercampur rata.
  2. Tuang minyak zaitun sedikit demi sedikit sambil terus di mixer dan semua adonan tercampur rata.
  3. Jika adonan mayonaise sudah mengembang dan kaku, tambahkan perasan air jeruk lemon lalu kocok kembali hingga tercampur rata.
  4. Jika adonan mayonaise terlalu kental dapat ditambahkan dengan 1-2 sdm air mendidih dan kocok kembali hingga merata.
  5. Mayonaise buatan anda sendiripun telah siap untuk dikonsumsi. Mayonaise dapat disimpan di lemari es untuk dapat dikonsumsi di kemudian hari.

Catatan: Agar tekstur mayonaise dapat lembut dengan sempurna, ketika menuang minyak zaitun sebaiknya lakukan perlahan setetes demi setetes hingga tercampur rata dan dilanjutkan dengan tetesan berikutnya. Selain itu ketika mengocok pun harus dilakukan secara konstan dan tidak berhenti hingga mayonaisepun jadi dan pastikan adonan telah mengembang sebelum anda menuangkan minyak zaitun.

Cara Buat Mayonaise seperti diatas cukup mudah untuk dipraktekkan sendiri dirumah, sehingga anda dapat membuat mayonaise sesuai kebutuhan dan lebih terjamin higienis. Selain itu, dengan membuat mayonaise sendiri dirumah juga dapat disesuaikan dengan tekstur seperti yang anda harapkan. Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Mayonaise Sendiri, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda.


Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.