Singkatan-singkatan pada widget mypagerank.net


Sekian lama saya blogging, saya sering melihat berbagai widget yang ditampilkan para blogger di blog-nya. Dengan berbagai variasi widget yang ditampilkan, menurut saya yang paling sering ditampilkan pada sebuah blog adalah widget yang menunjukkan statistik dan tingkat popularitas blog tersebut, antara lain widget Google Friend Connect, AlexaRank, Google PageRank. Pada posting kali ini saya hanya ingin menjabarkan singkatan-singkatan dan penjelasan yang ada pada widget mypagerank.net.


Lihatlah gambar di atas !


Gambar diatas adalah tampilan widget yang bisa anda dapatkan di mypagerank.net. Saya akan menjabarkan singkatan-singkatan yang ada pada widget tersebut.

Rank = Pagerank
Pagerank adalah peringkat yang di berikan oleh google terhadap blog dan menunjukan kualitas blog tersebut. Banyak orang yang bilang bahwa blog yang berpagerank tinggi akan selalu berada di posisi pertama di google tapi terus terang saya kurang setuju, karena masih banyak hal yang harus di pertimbangkan seperti pemasangan meta, pemaksimalan posting dan yang lainnya.


GIP = Google Index Page
Google index page menunjukan berapa banyak halaman di blog kita yang terindeks oleh google seperti contoh di atas yang menunjukan angka 42.300 itu berarti sebanyak itulah halaman di blog kita yang terindeks di google jika tidak percaya silakan kamu cek di google dengan cara ketik site:namablogkamu.com misalnya site:www.siswatkj.co.cc.

GBL = Google Back Link
Ini merupakan istilah untuk memeriksa backlink pada google. Jika kamu rajin bertukar link dengan teman-teman atau jika ingin bertukar link dengan saya silakan komentar di Tukar Link. Itu akan memperbanyak backlink dan jika ingin melihat secara manual backlink google silakan cek dengan cara link:namablogkamu.com pada pencarian google.

YIP = Yahoo Index Page
Seperti google index page, YIP memberi keterangan seberapa banyak halaman blog kita yang terindex di salah satu search engine populer yaitu yahoo. Kamu bisa lihat diatas ada 198 artikel yang terindex yahoo dan jika ingin mengetahuinya secara manual silakan cek di yahoo explorer.

YBL = Yahoo Back Link
Mungkin dengan penjelasan yang diatas kamu sudah mengetahui apa itu YBL. Ya, ini adalah yahoo backlink sama seperti google backlink tidak jauh beda. Karena tool ini yang memeriksa backlink di yahoo ke dalam blog yang kamu gunakan.

MIP = MSN Index Page
Menurut saya ini adalah search engine terpopuler ketiga setelah google dan yahoo yaitu MSN. Namun ada isu bahwa MSN telah diubah menjadi Bing. Ini menunjukan seberapa banyak artikel kamu terindex di MSN seperti pada gambar di atas.

ALR = Alexa Rank
ALR adalah Alexa rank yang tentunya sudah melekat di keseharian para sahabat blogger dan menjadi penghitung peringkat juga di seluruh dunia. Semakin kecil maka semakin bagus untuk sebuah blog yang kita gunakan.

ALB = Alexa Back Link
Alexa backlink bisa kamu ketahui dengan cara memasang widget pada blog kamu atau dengan lengsung memeriksa di situs alexa disitu terdapat link in nah itulah baclink kamu dari situs alexa, semakin banyak semakin bagus.

TUV = Today Unique Visitor
TUV merupakan penghitung jumlah pengunjung berdasarkan IP address jadi jika pengunjung bolak-balik ke blog kamu dengan menggunakan IP yang sama maka tidak akan dihitung oleh TUV.

TPV = Today Page View
Menunjukan berapa kali halaman blog kamu di buka oleh pengunjung, jadi disini jika pengunjung hanya lewat saja merupakan hitungan untuk TPV.

YUV = Yesterday Unique Visitor
Merupakan tool yang memperoleh hasil hampir sama dengan TUV hanya bedanya ini dihitung satu hari yang lalu. Sehingga bisa menunjukan pengunjung sekarang ataupun pengunjung kemarin yang singgah atau baca-baca di blog yang kita kelola.

YPV = Yesterday Page View
Yang ini juga hampir sama dengan TPV akan tetapi hasil dari hari kemarin. Jadi TPV untuk hari ini sedangkan YPV untuk hari kemarin. Setelah satu hari maka TPV akan menjadi YPV.

AUV = Average Unique Visitor
Merupakan rata-rata semua pengunjung yang telah mengunjungi blog kamu. Tentunya bagi yang mempunyia traffic tinggi AUV juga akan tinggi.

APV = Average Page View
Yaitu rata-rata halaman yang telah dibuka oleh pengunjung blog.

User Online
Yaitu menunjukkan pengunjung yang mengunjungi halaman pada saat itu.





Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.