Kesalahan dan Kebiasaan yang Menyebabkan Insomnia

insomnia, gejala insomnia

Istirahat sangat diperlukan bagi tubuh kita untuk memulihkan stamina, dan salah satu caranya adalah tidur. Dengan tidur, setiap bagian tubuh kita bisa rileks untuk sejenak. Tapi terkadang ada pada sebagian orang mengalami gejala susah tidur, atau Insomnia. Biasanya, orang yang mengalami gangguan tidur seperti ini dikarenakan pola hidup yang kurang teratur. Beberapa diantaranya yaitu Makan atau minum saat tengah malam dan tidur terlalu larut. Berbagai kebiasaan buruk lainnya juga bisa menyebabkan tubuh terbiasa jauh dari disiplin tidur. Di bawah ini terdapat beberapa kesalahan dan kebiasaan yang dapat membuat orang mengalami Insomnia.


Terbiasa Meminum Obat Tidur
Inilah cara paling instant yang digunakan sebagian orang untuk bisa tidur dengan cepat. Namun yang sebenarnya terjadi adalah penyelesaian sementara dan tidak memecahkan masalah sama sekali. Obat tidur hanya mampu membuat anda terlelap untuk sementara waktu. Telah banyak studi yang  menyatakan bahwa memakai obat tidur untuk memaksa tubuh agar segera tidur malah bisa membahayakan bagi tubuh serta memperparah Insomnia.

Tidak Ada Persiapan Tidur

Persiapan menjelang tidur sangat dibutuhkan untuk merangsang otak agar segera rileks. Itu akan sangat membantu anda untuk segera terlelap tidur dan mengistirahatkan anggota tubuh anda. Jadi, persiapan tidur sangat dibutuhkan. Cobalah untuk mematikan lampu, TV, dan alat elektronik yang tidak perlu, dengan begitu menjelang tidur anda seakan sudah terlepas dari beban pikiran.

Tidur Siang yang Terlampau Lama
Tidur siang dengan durasi yang terlalu lama akan merusak pola tidur anda, sehingga anda jauh dari disiplin tidur. Selain itu juga akan mencegah anda tidur dengan nyenyak di malam hari. Jika memang di siang hari anda anda memang terpaksa harus tidur, cobalah untuk tidur dengan durasi kurang dari setengah jam.

Makan Makanan yang Manis

Makanan yang manis maupun yang mengandung karbohidrat bisa mengganggu fungsi kerja hormon menjelang tidur. Makan makanan yang manis membuat tubuh sulit untuk rileks. Solusinya, Hindarilah makan menjelang tidur, jikalau memang lapar, makanlah camilan yang mengandung protein karena makanan yang mengandung protein bisa mencegah kacaunya fungsi kerja hormon.

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.