Blogging Bukan Hanya Sekedar Informasi Belaka

Blogging Bukan Hanya Sekedar Informasi Belaka - Aktivitas blogging yang saya dan anda lakukan, mempunyai dasar tersendiri. Artinya, ada "maksud" yang terkandung dan tujuan yang ingin dicapai dari aktivitas blogging anda, jadi akan muncul kesimpulan bahwa "Blogging, bukan hanya sekedar informasi belaka". Ada banyak tujuan yang mendasari seseorang untuk melakukan blogging. Dalam kesempatan ini, saya ingin menjabarkan beberapa maksud atau tujuan seseorang melakukan aktivitas Blogging. 


Blogging sebagai media pengembangan diri
Aktivitas blogging yang anda lakukan, jika sumber artikel / posting yang anda tampilkan adalah buah pikiran anda sendiri, maka akan menjadi sebuah karya pribadi yang terpublikasi. Dengan aktif menulis di blog anda,  tidak hanya sekedar informasi yang anda tampilkan, namun citra diri anda juga akan tergambarkan dalam tulisan atau posting anda. Gaya bahasa dan pemilihan kata dalam setiap tulisan anda akan secara otomatis teringat di benak pembaca setia blog anda. Selain itu, dengan menuliskan hasil / buah pikiran anda, maka sebenarnya anda telah melatih otak anda untuk memahami suatu masalah, kemudian mengungkapkannya dalam sebuah tulisan dengan gaya bahasa dan pemilihan kata yang sesuai dengan karakter anda.

Blogging sebagai media pertunjukan karya pribadi
Mungkin, anda seringkali mendapati sebuah blog hanya berisi karangan cerita maupun puisi milik seseorang. Ya, ada beberapa penulis cerpen maupun para seniman puisi menuangkan karyanya dalam blog pribadinya. Tentunya para penulis itu tidak hanya sekedar memberi informasi belaka, namun mereka mempunyai maksud agar karya mereka mendapat apresiasi, saran dan kritik dari pembacanya. 

Blogging sebagai media dokumentasi
Sebenarnya, tujuan ini hampir sama dengan poin diatas, namun juga bisa dikatakan berbeda. Banyak fotografer, yang menampilkan hasil jepretan kameranya di dalam blognya. Selain menampilkannya untuk mendapat apresiasi dari publik, beberapa fotografer juga mempunyai maksud agar hasil jepretan mereka dapat terdokumentasikan dengan baik. Selain itu, juga bisa dijadikan sebagai back-up seandainya media penyimpanan mereka, baik itu bentuk fisik maupun digital mengalami gangguan atau kerusakan.

Blogging sebagai sarana mencari penghasilan
Tujuan ini yang mungkin lebih banyak digunakan sebagai dasar seseorang melakukan aktivitas blogging. Ya, bagi seseorang yang telah mengarungi "samudra blogging" selama kurun waktu yang lama, mereka telah menyadari ( atau mungkin mengalami ) aktivitas blogging mereka dapat menghasilkan uang. Dalam blognya, mereka tidak hanya sekedar informasi saja yang ditampilkan, namun juga iklan-iklan yang "kurang lebih" menghiasi blognya. 

Mungkin 3 poin diatas dapat mewakili opini saya tentang "Blogging, bukan hanya sekedar informasi belaka" namun juga mempunyai maksud dan tujuan tersendiri. Namun, apapun maksud dan tujuannya, aktivitas Blogging yang baik hendaknya berdasar atau bersumber dari buah pikiran anda sendiri. Dengan begitu, kualitas menulis anda juga akan semakin baik. Jika anda telah melakukan aktivitas blogging secara benar, maka tidak hanya sekedar informasi yang anda tampilkan, namun juga akan menjadi personal branding anda.

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.