Intel Xeon Phi akan usung 61 Core Processor

Intel Xeon Phi akan usung 61 Core Processor. Intel sebagai perusahaan processor X86 terbesar di dunia dikabarkan tengah mempersiapkan sebuah co-processor yang dilengkapi hingga 61 core Processor. Adapun co-processor terbaru dari Intel ini diberi label Intel Xeon Phi.

Intel Xeon Phi adalah sebuah co-prosesor yang bertugas membantu meningkatkan kekuatan proses dan komputasi dari sebuah sistem komputer. Tujuan Intel sendiri dalam menghadirkan Xeon Phi adalah meningkatkan kemampuan komputasi untuk mejjalankan tugas-tugas CPU (Central Processing Unit) di server maupun komputer desktop. Sekilas memang Xeon Phi ini seperti sebuah kartu grafis yang sangat mirip dengan Larrabe besutan Intel. Namun, Xeon Phi ini mengusung fungsi yang berbeda dengan pengolah grafis.


Intel Xeon Phi ini mengusung penampilan mirip kartu grafis yang dibekali dengan memori GDDR5 sebesar 8GB. Co-prosesor Xeon Phi ini diproduksi dengan proses litografi 22nm. Intel mengklaim kinerja yang dihasilkan Xeon Phi ini cukup besar dan cepat.

Varian tertinggi dari Xeon Phi adalah SE10P/X yang mengusung 61 core prosesor dengan kecepatan 1,1GHz yang dipadukan dengan L2 cache sebesar 30,5MB dan memori GDDR5 dengan kapasitas 8GB yang berlari dengan kecepatan 5,5GHz yang diklaim mampu menghasilkan kinerja hingga 1073Gflops.
sementara untuk varian terendah yakni 3120A/P mengusung 57 core prosesor dengan kecepatan 1,1GHz yang dipadukan dengan L2 cache sebesar 28,5MB dan memori GDDR5 dengan kapasitas 8GB yang berlari dengan kecepatan 5GHz yang diklaim mampu menghasilkan kinerja hingga 1003Gflops.

Sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak Intel mengenai varian dan peluncuran resmi dari co-prosesor Xeon Phi ini. Harga dari Intel Xeon Phi sampai saat ini juga belum diketahui.

Nah, itulah tadi informasi mengenai Intel Xeon Phi akan usung 61 Core Processor. Semoga bermanfaat

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.