Cara Membuat Bakwan Jagung

Cara Membuat Bakwan Jagung

Cara Buat Bakwan Indonesia memang identik dengan gorengan sebagai salah satu camilan favorit masyarakat. Ragam gorengan di Indonesia memang sangat banyak, mulai dari yang berbahan dasar sayuran hingga seafood. Selain itu gorengan juga biasanya dijadikan sebagai pengganjal perut jika terlambat untuk sarapan dan dinikmati bersama lontong, yang sering ditemukan di pedagang yang menjajakan di pinggir jalan. Salah satu jenis gorengan yang menjadi favorit masyarakat dan tidak jarang dihidangkan diatas meja makan sebagai lauk pauk adalah bakwan. Bakwan merupakan gorengan yang terbuat dari sayuran dan tepung terigu, biasanya sayuran yang dibuat bakwan terdiri dari taoge, irisan kubis/kol atau irisan wortel kemudian digoreng hingga menghasilkan tekstur yang renyah. Di daerah Jawa Barat bakwan biasanya disebut dengan nama bala-bala. Selain berisi sayuran, bakwan juga memiliki varian isian lainnya seperti udang dan jagung.

Bakwan yang berbahan dasar jagung dan terigu tidak jarang juga disebut dengan perkedel, karena memiliki kemiripan yang hampir sama. Rasanya yang gurih dan tekstur yang renyah membuat bakwan banyak diminati dan cocok untuk lidah masyarakat Indonesia. Bakwan biasanya banyak dijual oleh pedagang yang menjajakan gorengan dipinggir jalan, maupun toko kue-kue basah. Bakwan biasanya paling cocok dinikmati bersama saos sambal atau cabai rawit, sesuai dengan selera masing-masing.

Cara Buat Bakwan

Tidak jaran juga bakwan dihidangkan diatas meja makan sebagai lauk pauk untuk menemani sayur sop atau sayur lodeh. Jika anda gemar dengan kudapan bakwan ini, anda juga dapat membuatnya sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing dan lebih terjamin higienis. Untuk anda yang pemula dan masih bingung dengan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat bakwan jagung yang gurih dan renyah, anda tidak perlu bingung sebab di bawah ini Eswete.com akan memberikan informasi Cara Buat Bakwan dengan langkah yang mudah dan sederhana untuk dipraktekkan sendiri dirumah, seperti berikut:

Bahan-bahan:

  • 2 buah jagung manis, sisir
  • 1 tangkai daun bawang, iris halus
  • 4 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung beras
  • Garam secukupnya
  • 200 ml air
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bumbu Halus:

  1. 5 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1/2 sdt ketumbar
  4. Cara Buat Bakwan:
  5. Campur tepung terigu, tepung beras, air, telur, garam dan merica lalu aduk semua adonan hingga merata.
  6. Masukkan jagung dan daung bawang, kemudian aduk kembali hingga merata.
  7. Tambahkan bumbu halus dan aduk adonan hingga merata.
  8. Siapkan wajan dan minyak panas, lalu ambil sesendok bakwan dan goreng dipinggir wajan dalam ukuran agak besar.
  9. Goreng bakwan hingga berubah warna kuning keemasan.

Untuk bahan utama pembuatan bakwan, anda juga dapat menggantinya dengan udang utuh, daging atau ikan giling sesuai selera masing-masing. Bakwan paling nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan masih hangat bersama saus sambal atau cabai rawit. Untuk tingkat kerenyahan anda dapat menggoreng agak lama hingga pinggiran bakwan berubah warna ataupun sebaliknya jika menginginkan hasil lebih lembut.

Cara Buat Bakwan yang tertera seperti diatas sangat mudah untuk anda praktekkan sendiri dirumah. Bakwan juga bisa menjadi alternatif jika anak anda tidak menyukai sayuran, sehingga ibu dapat menyembunyikan sayuran di dalam bakwan yang renyah, sebab pada umumnya tekstur renyah dan garing sangat digemari oleh anak-anak. Sehingga anak anak tetap dapat mengkonsumsi sayuran dalam bentuk yang berbeda. Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Bakwan Jagung, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda semua.


Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.