Cara Membuat Cakwe Goreng Enak

Cara Membuat Cakwe Goreng Enak

Cara Buat Cakwe Ragam camilan di Indonesia memang sangat banyak, bahkan yang berasal dari negara lain dan populer di Indonesia. Beberapa camilan dikonsumsi untuk mengganjal perut ketika tidak sempat sarapan atau sekadar untuk menemani ketika menonton atau mengobrol bersama teman dan keluarga. Salah satu jenis camilan yang berasal dari negara lain dan populer di Indonesia adalah cakwe. Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan penganan yang berasal dari Tionghoa ini, yang berbahan dasar tepung beras dan dibentuk memanjang dan digoreng hingga mengembang. Di beberapa daerah, cakwe disajikan sangat bervariasi, misalnya seperti di daerah Solo, Jawa Tengah, cara penyajian cakwe disertai dengan susu kedelai. Sedangkan di Pontianak, Kalimantan Barat, cakwe umumnya berasa manis dan kenyal. Sementara pada umumnya penyajian cakwe biasanya disajukan dengan sambal asam cair, bahkan mungkin anda juga sering menikmati bubur ayam yang disajikan bersama potongan cakwe.

Di Indonesia sendiri biasanya cakwe ditemukan di toko atau dijajakan oleh pedagang kaki lima. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah namun lembut dibagian dalam membuat cakwe menjadi penganan favorit masyarakat Indonesia, dan tidak jarang dijadikan camilan untuk mengganjal perut sebab dapat juga mengenyangkan. Jika anda menyukai penganan cakue, anda tidak hanya dapat menikmatinya dengan membeli di toko atau pedagang kaki lima, namun anda juga dapat membuatnya sendiri dirumah dan lebih terjamin higienis.

Cara Buat Cakwe

Jika anda penasaran untuk membuat cakwe sendiri dirumah, namun tidak mengetahui bahan apa saja yang dibutuhkan dalam resep pembuatan cakwe, anda tidak perlu bingung dan khawatir sebab telah banyak informasi Cara Buat Cakwe yang bisa anda temukan di majalah atau buku resep, bahkan situs internet. Seperti pada kesempatan kali ini, Eswete.com akan membantu anda membuat cakwe goreng yang enak dan mengembang sempurna dengan resep dan langkah yang mudah untuk dipraktekkan sendiri dirumah, seperti berikut:

Bahan-bahan:

  • 350 gr tepung terigu
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdt bawang putih goreng, tumbuk halus
  • 350 ml air
  • Garam secukupnya

Cara Buat Cakwe:

  1. Campurkan soda kue, ragi instan dan garam ke dalam wadah baskom lalu tuang air dan aduk hingga merata.
  2. Masukkan terigu dan aduk hingga merata, lalu biarkan selama 15-20 menit.
  3. Uleni adonan hingga kalis dan merata.
  4. Balik adonan dan beri sedikit minyak dipermukaan supaya adonan tetap lembab dan biarkan selama 1 jam.
  5. Angkat adonan dan letakkan diatas meja yang telah diberi alas plastik agar tidak lengket, pipihkan adonan dengan menggunakan kayu penggiling atau botol kaca yang telah dibersihkan.
  6. Potong-potong adonan dengan bentuk memanjang, lalu rekatkan satu potongan adonan dengan potongan lainnya menjadi dua. Lakukan cara tersebut hingga adonan habis.
  7. Panaskan minyak diwajan dengan api sedang.
  8. Ambil adonan yang telah dibentuk lalu tarik sampai kira-kira 20 cm (jangan sampai putus) lalu celupkan ke dalam penggorengan, lalu goreng cakwe hingga berubah warna kecoklatan dan mengembang sempurna.
  9. Angkat dan tiriskan diatas piring yang telah diberi alas tissue makan agar minyak dapat meresap.
  10. Cakwe buatan andapun telah dapat dinikmati bersama saus sambal cair atau dengan bubur ayam, sesuai selera.

Cara Buat Cakwe seperti diatas cukup mudah untuk dipraktekkan sendiri dirumah, dengan begitu anda dapat membuat cakwe dengan porsi bahan sesuai kebutuhan dan lebih terjamin higienis. Cakwe paling nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan masih hangat. Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Cakwe Goreng Enak, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda semua.


Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.