Cara Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah

Cara Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah

Cara Buat Klepon Ragam kue tradisional Indonesia memang sangat banyak dan digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Beberapa jenis kue tradisional Indonesia biasanya mudah ditemukan sebagai jajanan pasar atau dibeberapa toko kue. Namun seiring dengan munculnya kue-kue modern, terkadang sulit juga untuk menemukan kue-kue tradisional khas Indonesia di pasar tradisional bahkan toko kue. Salah satu jenis kue tradisional yang kini keberadaannya sudah jarang ditemukan adalah kue klepon. Tentu anda sudah tidak asing dengan klepon yang secara tampilan hampir mirip dengan kue onde-onde yang berbentuk bulat-bulat kecil dan rasanya manis, namun terbuat dari tepung beras ketan yang diisi dengan gula merah lalu direbus untuk menghasilkan tekstur yang kenyal. Kemudian klepon yang telah matang di gelindingkan diatas parutan kelapa, sehingga menjadi kue klepon dalam balutan parutan kelapa. Pada umumnya kue klepon berwarna hijau berkat tambahan bahan pewarna seperti daun suji atau daun pandan.

Seiring dengan perkembangan zaman, kue klepon ini sudah jarang ditemukan di beberapa pasar tradisional atau toko kue, bahkan untuk menikmati kue tradisional ini tidak jarang mungkin anda harus memesan di toko kue atau jasa pembuatan jenis kue-kue tradisional. Jika anda menyukai kue klepon, namun sulit menemukannya terutama di beberapa kota besar, anda tidak perlu khawatir sebab anda juga dapat membuatnya sendiri dirumah sehingga dapat menikmati kue klepon kapan saja saat anda inginkan.

Cara Buat Klepon

Jika anda penasaran dengan Cara Buat Klepon, namun tidak mengetahui resep dan cara pembuatannya, anda tidak perlu bingung sebab mudah untuk menemukan resep dan cara pembuatan kue klepon di buku resep atau situs internet. Seperti pada kesempatan kali ini, Eswete.com juga akan membantu anda membuat kue klepon dengan informasi Cara Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah yang mudah dan sederhana, seperti berikut:

Bahan-bahan:

  • 250 gr tepung ketan
  • 4 sdm santan
  • 130 ml air putih matang
  • Beberapa tetes pewarna makanan (hijau)
  • 120 gr gula merah, sisir halus
  • 2 lembar daun pandan, ikat
  • 200 gr kelapa parut
  • Air secukupnya untuk merebus
  • Garam secukupnya, untuk adonan dan parutan kelapa

Cara Buat Klepon:

  1. Campurkan tepung ketan dengan santan, pewarna makanan dan garam lalu tuangi air dan aduk hingga merata dan adonan menjadi kalis.
  2. Ambil sedikit adonan lalu pipihkan dan beri isian dengan gula merah, rapatkan dan bentuk bulat. Lakukan cara tersebut hingga adonan habis.
  3. Rebus air dan masukkan daun pandan hingga mendidih.
  4. Masukkan adonan klepon yang telah dicetak.
  5. Tunggu adonan hingga mengapung lalu angkat dan sisihkan.
  6. Kukus kelapa yang telah diparut selama 5 menit, lalu tambahkan garam dan aduk hingga merata.
  7. Tuang kelapa diatas piring lalu gulingkan klepon hingga semua permukaan terbaluri parutan kelapa.
  8. Klepon buatan anda pun telah dapat dikonsumsi.

Klepon paling cocok dihidangkan bersama kopi, susu hangat atau teh, sesuai dengan selera. Selain berwarna hijau, anda juga dapat membuat klepon berwarna putih tanpa menggunakan pewarna makanan atau berwarna merah jambu dengan menggunakan pewarna makanan berwarna merah, sesuai selera.

Cara Buat Klepon seperti diatas cukup mudah untuk dipraktekkan sendiri dirumah, sehingga anda dapat menikmati klepon kapan saja saat anda inginkan tanpa perlu bersusah payah mencari kue klepon di pasar tradisional atau toko kue. Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda semua.


Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.