Cara Membuat Yoghurt Sendiri

Cara Membuat Yoghurt Sendiri

Cara Buat Yoghurt Salah satu jenis makanan ringan yang dapat membantu menurunkan berat badan dan sangat disukai oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun orang tua adalah yoghurt. Olahan susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri ini memang sangat baik untuk membantu anda yang tengah menjalankan program diet sehat, karena kaya akan protein, vitamin B, serat dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Fermentasi gula susu atau laktosa menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur yoghurt seperti gel dan aroma yang unik. Yoghurt yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat tersedia dalam beraneka macam rasa, mulai dari rasa alami, rasa buah, rasa vanilla atau rasa coklat. Selain dikonsumsi hanya yoghurt saja, produk olahan susu ini juga biasanya diolah menjadi beragam hidangan makanan dan minuman yang lezat.

Meski termasuk olahan dari susu, untuk orang yang alergi terhadap susu tetap dapat mengkonsumsi yoghurt, sebab struktur laktosa pada yoghurt telah dirusak oleh bakteri saat proses fermentasi. Selain baik untuk sistem pencernaan, yoghurt juga diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah jika dikonsumsi secara rutin setiap hari. Yoghurt biasanya dijual di swalayan atau supermarket dalam dua jenis, yaitu yoghurt plain (tanpa rasa) dan drink yoghurt (berbagai varian rasa).

Cara Buat Yoghurt

Untuk jenis susu yang dibuat menjadi yoghurt tidak hanya susu sapi saja, melainkan dapat juga berbahan dasar susu kedelai, susu kambing dan susu unta. Saran penyajian yoghurt paling pas jika dinikmati dalam keadaan dingin dan dicampur dengan berbagai macam buah-buahan segar. Jika anda menyukai yoghurt dan selalu mengkonsumsinya setiap hari, anda tidak hanya dapat membeli yoghurt di swalayan, bahkan anda juga dapat membuat yoghurt dengan varian rasa sesuai dengan selera. Untuk anda yang penasaran dengan Cara Buat Yoghurt, namun bingung dengan bahan apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara pembuatan yoghurt, anda tidak perlu khawatir sebab di bawah ini Eswete.com akan memberikan informasi Cara Membuat Yoghurt Sendiri dengan mudah dan sederhana, seperti berikut:

Bahan-bahan:

  • 1 liter susu murni
  • 1/2 cangkir biang yoghurt/yoghurt plain (yoghurt yang masih mengandung bakteri yang masih hidup/bakteri probiotik)

Cara Buat Yoghurt:

  1. Tuang susu kedalam panci dan panaskan dengan api kecil sambil diaduk perlahan. Yang perlu anda perhatikan adalah ketika pemanasan jangan sampai susu mendidih dan hangus dibagian bawahnya, sebab proses pemanasan susu bertujuan untuk mengubah struktur protein susu agar berubah menjadi padat.
  2. Setelah dirasa cukup, angkat susu dan dinginkan dengan mencelupkan panci ke dalam wadah besar yang telah diberi air sambil diaduk perlahan hingga temperatur susu mencapai kira-kira 43 derajat Celcius.
  3. Setelah itu, tuang yoghurt plain ke dalam panci berisi susu lalu aduk perlahan hingga semua tercampur rata.
  4. Pindahkan cairan susu yang telah tercampur dengan yoghurt plain ke dalam wadah yang bersih, lalu tutup rapat-rapat atau dengan menggunakan plastik rapat agar proses inkubasi berjalan bagus.
  5. Saat proses inkubasi diamkan cairan yoghurt agar bakteri dapat tumbuh dan berkembang. Usahakan agar temperatur tetap terjaga sekitar 38 derajat Celcius dan proses ini membutuhkan waktu kira-kira selama 7 jam. Semakin lama proses inkubasi, tingkat keasaman akan semakin tinggi dan tekstur akan menjadi lebih kental.
  6. Setelah proses inkubasi, dinginkan yoghurt yang telah mengental selama beberapa jam sebelum dikonsumsi. Hal tersebut bertujuan untuk mengawetkan atau menambah waktu kadaluarsa yoghurt selama 1-2 minggu.
  7. Yoghurtpun dapat dinikmati bersama potongan buah-buahan segar agar menambah cita rasa.

Cara Buat Yoghurt seperti diatas cukup mudah untuk dipraktekkan sendiri dirumah, sehingga dapat lebih menghemat pengeluaran. Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Yoghurt Sendiri, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.


Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.