Cara Membuat Onde-onde Isi Kacang Hijau

Cara Membuat Onde-onde Isi Kacang Hijau

Cara Buat Onde-onde Kue jajanan pasar yang populer di Indonesia memang sangat beragam dan digemari oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Selain mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional, jenis kue jajanan pasar juga harganya lebih terjangkau dan lezat. Salah satu jenis kue jajanan pasar yang populer di Indonesia dan sudah ada sejak zaman Majapahit adalah onde-onde. Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan kue yang awalnya terkenal di daerah Mojokerto, yang terbuat dari tepung terigu atau tepung ketan yang digoreng atau direbus dan berbentuk bulat dengan isian kacang hijau, serta pada permukaannya diberi taburan biji wijen. Kue onde-onde sering ditemukan di pasar-pasar tradisional, toko kue atau pedagang kaki lima. Rasanya yang manis dan gurih membuat kue ini cocok untuk lidah masyarakat Indonesia dan banyak digemari oleh semua kalangan.

Pada umumnya onde-onde berisi kacang hijau, namun seiring dengan perkembangan zaman kue onde-onde semakin banyak varian isi, salah satunya adalah keju dan coklat. Sebagai kue tradisional, kue onde-onde ini sangat populer namun saat ini semakin jarang yang menjual kue onde-onde, dan terbilang salah satu jenis kue tradisional yang sudah langka. Jika anda menyukai kue onde-onde, namun sudah jarang menemukannya di beberapa pasar tradisional atau toko kue, anda juga dapat membuatnya sendiri dirumah, sehingga dapat menikmati kue onde-onde kapan saja saat anda inginkan.

Cara Buat Onde-onde

Untuk anda yang penasaran dengan Cara Buat Onde-onde, tapi masih bingung dengan resep dan langkah pembuatannya, anda tidak perlu bingung sebab telah banyak informasi Cara Membuat Onde-onde Isi Kacang Hijau yang bisa ditemukan di buku resep atau situs internet. Seperti pada kesempatan kali ini, Eswete.com akan membantu anda membuat kue onde-onde isi kacang hijau dengan resep dan langkah yang mudah untuk dipraktekkan, seperti berikut:

Bahan Kulit Onde-onde:

  • 250 gr tepung ketan
  • 25 gr tepung sagu
  • 175 ml santan hangat dari 1/4 butir kelapa
  • 100 gr wijen
  • Garam secukupnya

Bahan Isi Onde-onde:

  • 200 gr kacang hijau tanpa kulit, rendam selama 1 jam
  • 150 gr gula pasir
  • 1 lembar daun pandan/vanili
  • 50 ml santan cair

Cara Buat Isian Onde-onde:

  1. Kukus kacang hijau sampai matang. Angkat dan haluskan selagi masih panas.
  2. Campurkan kacang hijau yang telah halus dengan gula pasir, daun pandan atau vanili lalu jerang diatas api kecil sambil diaduk hingga adonan kalis. Angkat dan sisihkan.
  3. Cara Buat Kulit Onde-onde:
  4. Campur semua bahan dan diaduk hingga merata.
  5. Tuang santan sedikit demi sedikit, lalu uleni adonan hingga kalis.
  6. Bagi adonan sesuai dengan jumlah isian onde-onde. Bulatkan dan pipihkan.
  7. Masing-masing adonan diberi isian kacang hijau, rapatkan dan bentuk bulat kembali. Lakukan cara tersebut hingga adonan habis.
  8. Gulingkan adonan sambil ditekan perlahan diatas biji wijen.
  9. Siapkan minyak goreng dalam wajan, lalu goreng adonan dengan api sedang hingga berubah warna kecoklatan.
  10. Angkat dan tiriskan. Sajikan diatas piring saji dan nikmati selagi masih hangat.

Untuk isian kue onde-onde, anda juga dapat menggantinya dengan keju atau coklat, sesuai dengan selera anda masing-masing. Selain itu untuk bentuk bulat, anda juga bisa membuat onde-onde berbentuk bulat mini atau seperti kue onde-onde pada umumnya.

Cara Buat Onde-onde seperti diatas cukup mudah untuk anda praktekkan sendiri dirumah, sehingga anda dapat menikmati kue onde-onde kapan saja saat anda inginkan. Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Onde-onde Isi Kacang Hijau, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda semua.


Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.