Cara Membuat Kentang Goreng Gurih dan Renyah

Cara Membuat Kentang Goreng Gurih dan Renyah

Cara Buat Kentang Goreng Bagi masyarakat Eropa, kentang menjadi salah satu makanan pokok dan bagi negara lainnya pun kentang dikonsumsi dan banyak diolah menjadi berbagai jenis hidangan makanan yang lezat dan istimewa. Kentang cocok dikonsumsi sebagai menu sarapan untuk menggantikan nasi, karena mengandung energi, protein, lemak, karbohidrat dan beberapa vitamin lainnya yang penting untuk kesehatan tubuh manusia. Kentang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia, diantaranya untuk melancarkan sistem pencernaan, mencegah kolesterol dalam darah, sumber pembentukan zat besi dalam darah, serta bermanfaat untuk kecantikan kulit tubuh. Kentang banyak diolah menjadi beberapa sajian masakan yang sering ditemukan di restoran cepat saji atau cafe. Salah satu jenis olahan kentang yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat adalah kentang goreng atau french fries.

Hidangan yang dibuat dari potongan kentang lalu digoreng dalam minyak goreng panas biasa disebut sebagai makanan ringan atau sebagai makanan pelengkap hidangan utama, seperti bistik, hamburger dan hidangan lainnya. Kentang goreng pada umumnya paling cocok dinikmati bersama saus sambal dan mayonaise. Selain itu kentang goreng populer di seluruh dunia dan banyak tersedia di restoran cepat saji atau cafe. Biasanya kentang goreng digoreng dengan cara direndam dalam minyak goreng panas agar mendapatkan tekstur yang renyah dan lembut dibagian dalam.

Cara Buat Kentang Goreng

Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuat kentang goreng sangat populer dan menjadi makanan ringan yang banyak dikonsumsi oleh semua kalangan. Pada umumnya kentang yang dipilih untuk dijadikan kentang goreng adalah kentang yang berumur tua, sebab jika kentang yang masih muda mengandung banyak air sehingga sulit untuk mendapatkan tekstur yang renyah atau crispy. Selain mudah ditemukan di restoran cepat saji, di beberapa supermarket juga banyak menjual kentang yang telah dipotong-potong dan dibekukan agar lebih praktis ketika ingin menggorengnya sendiri dirumah. Jika anda menyukai makanan ringan ini, anda juga dapat membuatnya sendiri dirumah dan tidak kalah lezat seperti yang terdapat di restoran cepat saji.

Jika anda bingung dengan resep dan Cara Buat Kentang Goreng, anda tidak perlu khawatir sebab di bawah ini Eswete.com akan memberikan informasi cara pembuatan kentang goreng gurih dan renyah dengan langkah yang mudah dan sederhana, seperti berikut:

 Bahan-bahan:

  • 1 kg kentang (pilih yang berbentuk lonjong dan bundar, serta kadar airnya sedikit)
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 500 ml air untuk merebus
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya, sesuai selera
  • Minyak secukupnya, untuk menggoreng

Cara Buat Kentang Goreng:

  1. Kupas kentang dan iris memanjang lalu cuci hingga bersih dan getahnya hilang
  2. Masukkan kentang kedalam panci yang telah diisi oleh air, lalu tambahkan garam dan bawang putih
  3. Rebus hingga air mendidih. Angkat dan tiriskan
  4. Siapkan minyak panas didalam wajan, lalu goreng kentang selama 1-20 menit hingga berubah warna kuning keemasan
  5. Angkat dan tiriskan diatas tissue makan agar minyak dapat teresap
  6. Taburi kentang dengan penyedap rasa atau bumbu lainnya, seperti bubuk cabai, bumbu keju, bumbu balado, sesuai selera
  7. Kentang goreng pun telah siap untuk disajikan selagi hangat.

Catatan: Agar kentang goreng tetap renyah sebaiknya jangan menambahkan tepung beras atau aci, jangan menyimpan kentang ke dalam freezer kecuali jika ingin disimpan dalam waktu yang cukup lama, serta pastikan menggoreng kentang dalam minyak yang sudah panas dengan api sedang agar kentang tidak cepat gosong.

Kentang goreng memang lebih nikmat disajikan selagi hangat dengan saus sambal, mayonaise atau berbagai bumbu perasa sesuai selera. Cara Buat Kentang Goreng seperti diatas sangat mudah untuk dipraktekkan sendiri dirumah, jika ingin lebih praktis anda dapat membeli kentang yang telah dipotong-potong yang tersedia di supermarket. Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Kentang Goreng Gurih dan Renyah, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda semua.


Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.