Cara Membuat Roti dan Daging Hamburger

Cara Membuat Roti dan Daging Hamburger

Cara Buat Burger Hamburger atau yang biasa disebut dengan burger merupakan jenis makanan yang berasal dari Jerman dan populer hingga ke negara lainnya. Makanan yang berupa roti berbentuk bundar yang diiris menjadi dua bagian dan pada bagian tengahnya diisi dengan patty atau daging burger, kemudian sayuran berupa selada, tomat dan bawang bombay ini memang digemari oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Pada umumnya burger diberi berbagai jenis saus seperti mayonesm saus tomat dan sambal serta mustard. Selain itu burger juga memiliki beberapa varian pelengkap lainnya seperti keju, asinan, sosis dan ham sesuai selera masing-masing. Sebagai salah satu jenis makanan cepat saji membuat burger populer di masyarakat karena mudah untuk dibawa-bawa dan dinikmati kapan saja.

Di Indonesia sendiri telah banyak restoran cepat saji yang menyuguhkan menu burger berbagai varian isian. Pada umumnya burger yang tersedia di restoran cepat saji paling pas jika dinikmati bersama kentang goreng dan soda, ataupun bisa dipesan dan untuk dibawa pulang. Selain dipasarkan dalam kondisi siap saji, burger juga banyak dijual dalam bentuk makanan setengah jadi yang dikemas dalam kemasan plastik vakum dan mudah ditemukan di beberapa supermarket.

Cara Buat Burger

Karena kelezatannya dan kepraktisannya membuat burger semakin populer dan banyak dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Mungkin tidak jarang anda harus mengantri di sebuah restoran cepat saji untuk menikmati burger, padahal ada yang lebih praktis ketimbang harus mengantri yakni dengan membuat burger sendiri dirumah. Jika anda tidak mengetahui resep dan cara membuat hamburger sendiri dirumah, anda tidak perlu khawatir sebab kini telah banyak informasi Cara Buat Burger yang dapat anda temukan di buku resep atau situs internet. Seperti pada kesempatan kali ini, Eswete.com akan membantu anda membuat roti dan daging burger ala homemade yang lezat dan sederhana, seperti berikut:

Bahan Daging Burger/Patty:

  • 150 gr daging giling
  • 2 sdm tepung panir halus
  • 1 butir telur
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Pala bubuk secukupnya

Bahan Kulit Roti Burger:

  • 300 gr tepung terigu
  • 1/2 sdm ragi instan
  • 15 gr susu bubuk
  • 35 gr gula pasir
  • 1 butir telur
  • 200 ml air es
  • 60 gr margarin
  • Garam secukupnya

Bahan untuk Olesan Roti Burger (aduk rata):

  • 1 butir kuning telur
  • 50 ml susu cair

Bahan Taburan Roti Burger:

20 gr tepung panir kasar

Cara Buat Burger:

  1. Patty: Campurkan daging giling, tepung panir halus, telur, merica bubuk, pala bubuk, gula pasir, garam dan susu cair lalu aduk hingga merata.
  2. Bentuk adonan membentuk lonjong dengan diameter 3 cm dan bungkus dengan plastik.
  3. Kukus adonan patty selama 30 menit dengan api sedang hingga matang.
  4. Setelah cukup matang, potong-potong setebal 1 cm. Sisihkan.
  5. Roti burger: Campurkan tepung terigu, ragi instan, susu bubuk dan gula pasir, lalu aduk hingga merata.
  6. Masukkan telur dan air es sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan kalis. Tambahkan margarin dan garam, uleni kembali lalu diamkan selama 30 menit.
  7. Kempiskan adonan dan timbang masing-masing 30 gr lalu bentuk bulat dan diamkan selama 30 menit. Lakukan cara tersebut hingga adonan habis.
  8. Bentuk adonan bulat pipih dan letakkan diatas loyang yang telah diolesi margarin, diamkan selama 45 menit hingga mengembang.
  9. Oles permukaan adonan roti dengan bahan olesan dan taburi dengan tepung panir kasar.
  10. Oven adonan selama 12 menit dengan suhu 190 derajat celcius hingga matang merata.
  11. Angkat dan hias burger dengan sayuran, keju lapis, sesuai selera masing-masing.

Anda dapat menghias burger buatan anda sesuai dengan selera dan nikmati selagi hangat bersama teman atau keluarga.

Cara Buat Burger seperti diatas cukup mudah untuk dipraktekkan sendiri dirumah. Jika anda ingin lebih praktis, anda dapat menggunakan cetakan berbentuk bulat dengan diameter kurang lebih 3 cm untuk membentuk adonan roti burger atau anda juga dapat membeli daging ham sebagai isian untuk hamburger. Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Roti dan Daging Hamburger, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda semua.


Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.