Cara Membuat Roti Tawar Gurih dan Empuk

Cara Membuat Roti Tawar Gurih dan Empuk

Cara Buat Roti Tawar Ketika waktunya sarapan pagi, mungkin beberapa dari anda tidak sempat untuk menikmati hidangan sarapan yang telah tersedia diatas meja makan, maka dari itu kebanyakan masyarakat lebih memilih sarapan dengan roti yang diberi selai atau keju lapis dan lebih praktis untuk dibawa-bawa dan dinikmati kapan saja. Biasanya jenis roti yang banyak dikonsumsi kala sarapan pagi adalah roti tawar yang diberi olesan selai kacang, selai stroberi, keju lapis dengan cara dibakar atau dikukus sesuai selera. Roti tawar selain dapat mengenyangkan perut, juga baik untuk dikonsumsi setiap hari karena memiliki kandungan protein yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Selain itu roti tawar yang berbahan utama tepung terigu, air, garam, mentega dan telur yang lalu difermentasikan dengan ragi memiliki tekstur lembut sehingga banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia, bahkan dijadikan sebagai makanan pokok untuk negara Barat.

Roti tawar banyak ditemukan di toko kue, swalayan atau pedagang yang menjajakan berbagai roti di beberapa wilayah perumahan. Selain dapat dinikmati hanya dengan selai, roti tawar juga bisa diolah menjadi beberapa sajian camilan makanan dan minuman dengan beberapa bahan lainnya agar terlihat lebih lezat dan istimewa. Roti tawar memang menjadi salah satu jenis roti yang sangat praktis dan harganya lebih terjangkau. Roti tawar memang memiliki kadar bertahan selama beberapa hari sehingga sebaiknya dikonsumsi lebih cepat agar mendapatkan tekstur yang masih lembut, sebab jika dibiarkan beberapa hari dalam keadaan terbuka, tekstur roti tawar akan menjadi keras.

Cara Buat Roti Tawar

Jika anda menyukai roti tawar dan sering mengkonsumsinya sebagai menu sarapan, anda tidak hanya bisa menemukannya di toko roti atau pedagang yang menjajakan berbagai roti di beberapa wilayah perumahan, bahkan anda juga dapat membuatnya sendiri dirumah agar mendapatkan tekstur lembut sesuai selera anda. Selain hanya menggunakan bahan-bahan dasar yang sederhana, anda juga dapat menambahkan parutan keju atau kismis sebagai pemanis dan lebih menambah rasa lezat dari roti tawar yang anda buat. Jika anda bingung dengan langkah pembuatan roti tawar, anda tidak perlu khawatir sebab di bawah ini Eswete.com akan memberikan informasi Cara Buat Roti Tawar dengan langkah yang sederhana, seperti berikut:

Bahan-bahan:

  • 1 1/2 sdt ragi instan
  • 500 gr tepung terigu protein tinggi
  • 30 gr susu bubuk
  • 30 gr gula pasir
  • 50 gr mentega putih
  • 350 ml air es
  • Garam secukupnya

Bahan Tambahan:

  • Keju, parut atau cincang kasar
  • Kismis, sesuai selera

Cara Buat Roti Tawar:

  1. Campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir dan susu bubuk, lalu aduk hingga merata.
  2. Tuang air es sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan kalis.
  3. Tambahkan mentega putih, bahan tambahan dan garam, lalu uleni kembali hingga adonan elastis. Lalu diamkan selama 30 menit.
  4. Kempiskan adonan, lalu timbang masing-masing sekitar 190 gr.
  5. Bentuk adonan menjadi bulat dan diamkan selama 10 menit.
  6. Giling adonan menjadi tipis memanjang.
  7. Gulung adonan sambil dipadatkan dan ditekan.
  8. Giling kembali adonan menjadi panjang lalu gulung kembali.
  9. Siapkan loyang yang memiliki tutup yang telah diolesi dengan mentega dan dialasi kertas roti. Lalu letakkan adonan diatas loyang.
  10. Tutup adonan hingga 3/4 bagian loyang dan diamkan adonan selama 90 menit hingga mengembang.
  11. Tutup loyang, kemudian oven selama 40 menit dengan suhu 180 ÂșC hingga matang merata.
  12. Setelah cukup matang, angkat dan iris sesuai keinginan.

Roti tawar lebih nikmati jika diolesi dengan selai coklat, selai kacang, selai stroberi, selai blueberry, sesuai dengan selera anda masing-masing.

Cara Buat Roti Tawar seperti diatas cukup mudah untuk anda praktekkan sendiri dirumah, sehingga anda dapat menentukan tekstur lembut dan bahan tambahan sesuai dengan keinginan anda. Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Roti Tawar Gurih dan Empuk, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.


Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.