Pengertian Search Engine Optimization On Page

SEO on page, SEO off page, search engine optimization, indeks search engine, google webmaster guidelines
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Yang mempunyai sebuah pengertian suatu usaha, metode atau cara agar situs kita dapat tampil, terindex, terdaftar dan mempunyai posisi yang bagus pada Search Engine melalui proses pencarian dengan keyword tertentu. SEO sendiri terdiri dari 2 jenis, SEO On Page dan SEO Off Page.

Pada posting kali ini, kita akan membahas salah satu saja, yaitu Search Engine Optimization ( SEO ) On Page. SEO On Page adalah sebuah usaha, metode atau cara agar situs atau blog kita mempunyai posisi yang cukup bagus, ( dalam hal ini, paling tidak berada di halaman pertama pencarian Google) dengan mengoptimalkan segala yang dari internal blog atau situs kita sendiri. Misalnya dari template yang kita gunakan, mempunyai content yang fresh dan unique, serta frekwensi keyword pada content kita. 

Template yang kita gunakan juga sangat mempengaruhi performa kita terhadap Search Engine. Penempatan H1, H2 dan H3 yang tidak sesuai dengan ketentuan, akan membuat posisi kita tercecer di Google. Terkadang, banyak diantara kita yang langsung memasang template yang kita anggap menarik, namun ternyata, setelah kita pasang, visitor kita anjlok karena traffic dari search engine berkurang.

Content yang fresh dan unique, sangat friendly dengan Google, selain itu content yang terstruktur dengan baik juga akan membuat keyword yang anda targetkan mempunyai penjelasan yang cukup jelas. Namun, sebaiknya tidak memasukkan terlalu banyak keyword yang anda targetkan di search engine, karena sesuatu yang berlebihan, tidak akan bermanfaat dengan baik.

Selain optimalisasi dengan internal situs, kita juga perlu mengetahui, bagaimana search engine bekerja. Untuk lebih lengkapnya, silahkan mempelajari pedoman yang telah Google sediakan, yaitu Google Webmaster Guidelines. Pedoman ini akan memberikan keterangan tentang bagaimana Google menemukan, mengindex dan merangking situs anda. Bahkan, jika anda tidak mematuhi pedoman ini, anda bisa membaca Quality Guidelines yang berisi tentang beberapa alasan mengapa situs anda tidak ditemukan, tidak terindeks, atau bahkan malah dihapus permanen oleh Google, karena telah ditemukan menggunakan trik dan cara Search Engine Optimization ( SEO ) yang "kotor" untuk meraih posisi yang bagus di Google.  

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.